PM Spanyol melihat 'api mulai terkendali' Spanyol hampir melewati wabah koronavirus

PM Spanyol melihat ‘api mulai terkendali’ Spanyol hampir melewati wabah koronavirus

PM Spanyol melihat ‘api mulai terkendali’ Spanyol hampir melewati wabah koronavirus terburuknya, kata perdana menteri, ketika parlemen Spanyol menyetujui perpanjangan 15 hari untuk keadaan darurat nasional.

“Api mulai terkendali,” PM Pedro Sánchez mengatakan kepada anggota parlemen di Madrid, mengatakan negara itu akan memiliki “kemenangan total” atas virus itu.

Spanyol memiliki jumlah kasus terkonfirmasi tertinggi di Eropa, dengan 152.446.

Hingga Kamis, negara itu telah melaporkan 15.238 kematian.

Sánchez adalah pemimpin Eropa terbaru yang menyarankan situasi mungkin mulai stabil.

Komentarnya muncul menjelang berita bahwa para menteri keuangan Uni Eropa telah menyetujui paket penyelamatan € 500bn (£ 440bn; $ 546bn) untuk negara-negara Eropa yang terkena dampak pandemi coronavirus.

Kesepakatan itu, dicapai setelah diskusi maraton di Brussels yang dimulai pada hari Selasa, diumumkan oleh ketua menteri keuangan Eurogroup, Mário Centeno.

Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire, mengatakan perjanjian itu adalah rencana ekonomi terpenting dalam sejarah UE. Para menteri gagal menerima permintaan oleh Perancis dan Italia untuk berbagi biaya krisis dengan mengeluarkan apa yang disebut “obligasi korona” (atau eurobonds) – utang timbal balik yang dibayarkan oleh semua negara Uni Eropa untuk dilunasi.

Pada hari Kamis, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan negaranya menolak rencana untuk membagikan utang koronavirus dalam bentuk “coronabonds” (atau eurobonds) – utang timbal balik yang dibayarkan semua negara Uni Eropa untuk melunasinya.

“Anda tahu saya tidak percaya kita harus memiliki hutang bersama karena situasi persatuan politik kita dan itulah sebabnya kita menolak ini … tetapi ada begitu banyak cara untuk menunjukkan solidaritas dan saya percaya kita akan menemukan solusi yang baik, ” dia berkata.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte sebelumnya mengatakan kepada BBC: “Jika kita tidak mengambil kesempatan untuk memasukkan kehidupan baru ke dalam proyek Eropa, risiko kegagalan itu nyata.

Menurut data terbaru dari 24 jam terakhir, Spanyol telah mencatat 683 kematian – penurunan dari 757 yang dilaporkan pada hari Rabu.

Total kasus yang dikonfirmasi sekarang mencapai 152.446, dan Spanyol kini telah melaporkan jumlah tertinggi kedua di dunia setelah AS, yang memiliki lebih dari 400.000.

Pada hari Kamis, anggota parlemen Spanyol berpartisipasi jarak jauh dalam debat parlemen sebelum menyepakati berjam-jam kemudian untuk memperpanjang keadaan darurat negara itu hingga 26 April, membuat orang di rumah selama dua minggu lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *